Rencanakan bisnis digital Anda. Kami siap berkolaborasi

Topik Artikel

Strategi Efektif untuk Membentuk Buyer Persona yang Tepat Bagi Bisnis Anda

Strategi Efektif untuk Membentuk Buyer Persona yang Tepat Bagi Bisnis Anda
Strategi Efektif untuk Membentuk Buyer Persona yang Tepat Bagi Bisnis Anda, para pemilik bisnis atau pemasar digital perlu memahami konsep buyer persona atau profil pelanggan ideal agar strategi pemasaran yang disusun dapat mencapai audiens target yang telah ditetapkan. Buyer persona juga memberikan banyak manfaat bagi bisnis, terutama yang mengandalkan pemasaran digital.

Daftar Isi Artikel

Tim pemasaran bisnis, terutama dalam ranah pemasaran digital, sering mengalami kesulitan dalam menganalisis tingkat keterlibatan dari iklan atau pemasaran yang telah diluncurkan.

Keberadaan buyer persona dapat membantu dalam mengidentifikasi tujuan pelanggan, yang membantu dalam pembuatan strategi. Pertanyaannya, bagaimana kita dapat membuat buyer persona untuk bisnis kita? Apa strateginya?

Apa Itu Buyer Persona?

Buyer persona adalah gambaran rinci tentang pelanggan ideal atau seseorang yang mewakili audiens target kita, yang secara sifatnya bersifat semi-fiktif. Istilah “semi-fiktif” digunakan karena kita menciptakan sebuah karakter atau orang yang menggambarkan ciri-ciri pelanggan terbaik kita.

Ciri-ciri tersebut meliputi data demografis seperti usia dan jenis kelamin, pola pembelian, minat, dan perilaku dari calon pelanggan kita.

Dengan informasi ini, kita dapat memahami Strategi Efektif untuk Membentuk Buyer Persona yang Tepat Bagi Bisnis Anda mulai dari tujuan, titik-titik kesulitan, dan pola pembelian mereka.

Tujuan dari menciptakan buyer persona adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan, keinginan, dan perilaku dari audiens target bisnis kita. Hal ini memungkinkan kita untuk mengembangkan produk, membuat pesan pemasaran, atau copywriting yang lebih sesuai dengan audiens kita.

Dengan menggunakan buyer persona, kita dapat mengarahkan copywriting kita secara lebih spesifik kepada audiens target, sehingga meningkatkan efektivitas pemasaran kita. Selain itu, hal ini juga membantu dalam pengembangan produk atau layanan baru, serta meningkatkan kesadaran merek secara luas.

Dalam bisnis, mungkin akan ada lebih dari satu buyer persona yang diciptakan, karena pelanggan yang membeli produk kita memiliki beragam karakteristik dan alasan.

Meskipun kita tidak dapat mengenal setiap konsumen secara individual, kita dapat menciptakan beberapa buyer persona yang mewakili berbagai segmen pasar yang ada.

Baca Juga:  Apa Itu Paid Media: Strategi Kesuksesan Digital Marketing

Pentingnya Menggunakan Buyer Persona

Menggunakan buyer persona memiliki pentingnya tersendiri meskipun target audiens telah dipetakan. Hal ini sangat vital karena membantu dalam memahami audiens atau pelanggan dengan lebih mendalam.

Dengan pemahaman yang komprehensif terhadap pelanggan, kita dapat menghasilkan konten iklan, copywriting, dan bahkan mengembangkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.

Sebagai contoh, sebuah platform belanja produk kecantikan mungkin sudah mengetahui bahwa target audiens mereka terdiri dari perempuan dan laki-laki usia 19-49 tahun.

Namun, pertanyaannya adalah apakah bisnis tersebut benar-benar memahami perilaku dan latar belakang pelanggannya dengan baik? Untuk alasan itu, penting untuk membuat persona pelanggan ideal yang mencakup semua karakteristik tersebut.

Pembuatan buyer persona yang efektif akan semakin solid apabila dilakukan dengan penelitian yang mendalam terhadap pelanggan melalui metode seperti survei atau wawancara.

Dengan informasi yang diperoleh dari penelitian tersebut, kita dapat membentuk persona yang akurat dan sesuai dengan representasi sebenarnya dari pelanggan kita.

Strategi Efektif untuk Membentuk Buyer Persona yang Tepat Bagi Bisnis Anda

Manfaat dari buyer persona tidak hanya terbatas pada pembuatan copywriting dalam iklan, tetapi juga membantu dalam membangun bisnis secara internal. Berikut adalah manfaat yang lebih mendalam dari penggunaan buyer persona untuk bisnis:

1. Memahami Kebutuhan Pelanggan dengan Lebih Baik

Bisnis yang sukses harus mampu memahami kebutuhan pelanggannya. Dengan menggunakan buyer persona, bisnis dapat menilai diri mereka dari perspektif pelanggan dan berbaur dengan mereka untuk memastikan produk atau layanan mereka diterima dengan baik.

Buyer persona membantu tim pemasaran dalam menciptakan materi pemasaran yang benar-benar relevan dan menyesuaikan fokus dengan kebutuhan dan prioritas konsumen saat membeli produk.

Baca Juga:  Tips & Trik Menghitung ROAS dan Strategi Peningkatannya

2. Menargetkan Iklan Digital dengan Lebih Efektif

Dalam pembuatan iklan digital, terutama iklan media sosial, pemilihan target audiens merupakan langkah krusial. Hal ini mempermudah bisnis dalam menciptakan iklan digital yang efektif dan dapat mempengaruhi audiens yang dituju.

3. Pengembangan Produk

Cara ini juga membantu dalam pengembangan produk yang sudah ada atau menciptakan produk baru. Dengan memahami persona, bisnis dapat mengetahui kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka, sehingga dapat merancang produk atau fitur yang sesuai dengan harapan mereka.

4. Meningkatkan Konversi Penjualan Produk

Dengan memahami karakteristik pelanggan yang ideal, bisnis dapat merancang strategi pemasaran dan penjualan yang lebih realistis. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menargetkan pasar dengan lebih tepat dan efisien, yang pada akhirnya meningkatkan konversi penjualan produk.

5. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan:

Pemahaman yang lebih baik terhadap karakteristik pelanggan memungkinkan bisnis untuk menawarkan layanan dan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Hal ini tidak hanya memenuhi ekspektasi pelanggan, tetapi juga dapat meningkatkan kepuasan mereka secara keseluruhan.

Cara Mengembangkan Buyer Persona

Saatnya untuk membuat buyer persona agar dapat merasakan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Sebelum membuat persona pelanggan, langkah pertama adalah melakukan riset mendalam terhadap pelanggan yang telah membeli dari bisnis kita. Berikut beberapa langkah untuk menciptakan buyer persona untuk bisnis Anda:

1. Melakukan Riset terhadap Pelanggan

Riset merupakan langkah penting dalam pembuatan buyer persona karena persona harus merefleksikan keadaan konsumen yang sebenarnya. Data yang perlu dipertimbangkan termasuk usia, jenis kelamin, lokasi, bahasa, minat, tantangan, fase kehidupan, dan pola berbelanja. Untuk bisnis B2B, skala atau ukuran bisnis dan jabatan pembuat keputusan pembelian juga penting. Semua data ini bisa didapatkan melalui Social Media Analytics, Google Analytics, atau database pelanggan.

Baca Juga:  Apa itu SEO On-page dan Bagaimana Jasa SEO Dapat Mengoptimalkannya?

2. Mengetahui Pain Points Pelanggan

Pain points adalah masalah yang ingin diselesaikan oleh pelanggan dan dapat membantu dalam membangun bisnis. Dengan melakukan social listening dan analisis sentimen media sosial, kita dapat memahami masalah yang dihadapi pelanggan dan fitur produk yang berguna bagi mereka.

3. Mengidentifikasi Tujuan Pelanggan

Tujuan positif yang ingin dicapai oleh pelanggan juga penting untuk dipahami. Tujuan tersebut bisa berupa tujuan pribadi atau profesional yang dapat memotivasi mereka. Dengan memahami tujuan ini, kita dapat menyesuaikan produk atau layanan kita sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

4. Mengidentifikasi Manfaat Produk atau Layanan Bisnis

Setelah mengetahui pain points dan tujuan pelanggan, kita dapat memahami bagaimana produk atau layanan kita dapat memberikan manfaat bagi mereka. Fokuslah pada manfaat yang diberikan oleh produk, bukan hanya fitur atau keunggulannya.

5. Menciptakan Buyer Persona

Setelah mengumpulkan semua informasi, mulailah membuat dengan mengelompokkan karakteristik yang serupa. Berikan persona ini beberapa detail pribadi, seperti nama, pekerjaan, dan lainnya, sehingga seperti orang nyata.

Ingatlah bahwa persona adalah deskripsi realistis dari seseorang yang mewakili segmen pasar kita, dan tidak semua orang akan sesuai dengan persona kita. Namun, dengan memiliki buyer persona yang kuat, kita dapat menggunakan strategi pemasaran yang lebih tepat dan efektif.

Artikel Lainnya:

Butuh bantuan untuk memulai?

Kami akan membantu anda menemukan solusi sempurna untuk bisnis Anda.

PT. Satria Berdikari Sejahtera.
Sentra Waringin Residence
Bogor, Jawa Barat, 16320
(021) 87972812

× Diskusi Melalui WA!