Memanfaatkan teknik SEO untuk meningkatkan performa website Anda merupakan salah satu strategi yang tepat dilakukan. Banyak sekali keuntungan jika menggunakan teknik SEO yang berpengaruh pada pembaca artikel website Anda. Berikut akan dijelaskan dengan detail mengenai content pillar.
Apa itu Content Pillar?
Mungkin bagi Anda yang merupakan seorang penulis artikel sudah tidak asing lagi dengan istilah content pillar ini. Arti pilar dalam Kamus Besar Bahasa indonesia (KBBI) memiliki arti sebagai tiang penguat. Kalau di pelajaran biasanya Anda mengenal 4 Pilar Kebangsaan.
Yup, jika dalam sebuah artikel, makna content pillar sebagai suatu fondasi pada konten atau artikel yang terdapat jawaban detail dari pertanyaan-pertanyaan para pengunjung website cari. Hal ini juga menjadi bagian dari tujuan content pillar.
Sederhananya, konten pilar dalam sebuah artikel di website itu sebagai daftar isi. Dimana letaknya terdapat di bagian atas sehingga memudahkan para pembaca menavigasi konten yang Anda buat.
Dari pengertian pilar tersebut Anda sudah bisa terbayang seperti apa maksud dari content pillar ini. Dalam artikel, contet pillar dapat dibagi menjadi berbagai macam format, seperti informasi dasar, paragraf edukatif, tips, dan paragraf promosi yang terdapat call-to-action (CTA).
Biasanya konten yang dibuat menggunakan content pillar lebih memiliki peluang yang tinggi untuk meningkatkan ranking website di Search Engine Result Page (SERP) dan pastinya menjadi nilai lebih bagi audiens.
Jika Anda ingin membuat artikel dengan konten pilar, jangan lupa untuk tetap memerhatikan long-tail keyword atau frasa yang sesuai dengan search intent. Hal ini gunanya adalah untuk mencapai harapan pengguna website dalam melakukan proses pencarian di mesin pencarian Google, misalnya.
Untuk melakukannya hal tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan teknik SEO. Yup, artikel SEO, halaman produk, dan juga landing page dapat dibuat menggunaka konten pilar dengan berbagai macam konten website.
Anda harus memahami pentingnya tiga konten pilar, sebagai berikut:
- Dapat membangun kepercayaan para pengunjung website Anda jika menyediakan konten yang lengkap serta bermanfaat.
- Konten pilar memiliki pengaruh yang sangat besar pada jumlah pengunjung website yang Anda miliki.
- Jika memanfaatkan konten pilar dengan baik dan benar, maka para pengunjung juga akan merasakan manfaatnya seperti jawaban yang dicari sesuai dengan harapan, bahkan akurat dan terperinci.
4 Manfaat Content Pillar
Sebagai penulis artikel, Anda perlu memerhatikan manfaat dari penggunaan konten pilar bagi performa website. Hal tersebut harus dilakukan, karena suatu saat yang merasakan manfaatnya bukan hanya pemilik websitenya saja, tetapi para pengunjung website Anda juga. Mari kita simak manfaat dari konten pilar berikut.
Traffic Website dan Ranking SERP Meningkat
Jika Anda sebagai pengguna mesin pencarian yang hendak mencari keyword kemudian menemukannya sesuai harapan, apakah Anda akan memunculkan perasaan senang atau tidak? Itulah manfaat utama dari konten pilar.
Ibarat lomba dengan para kompetitor lainnya di laman pencarian, website yang memberikan jawaban detail dari pertanyaan-pertanyaan pengguna mesin pencarian maka dia lah pemenangnya. Keren, bukan?
Salah satu strategi yang digunakan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan teknik SEO. Dimana jika Anda menguasai teknik tersebut, maka akan sangat mudah untuk mendapatkan audiens yang lebih banyak dibanding dengan sebelumnya.
Cukup dengan menampilkan konten pilar yang telah kalian atur menggunakan teknik SEO tadi, maka jangan kaget jika traffic website Anda meningkat dalam waktu singkat dan bahkan dapat meningkatkan ranking website di SERP.
Bounce Rate Berkurang
Apa itu bounce rate? Secara sederhana bounce rate merupakan sebuah metrik yang digunakan untuk mengukur jumlah pengunjung yang membuka sebuah halaman website, tetapi mereka tidak melakukan tindakan selanjutnya yang seharusnya mereka lakukan, dan kemudian segera meninggalkan halaman tersebut.
Nah, dengan adanya konten pilar ini bermanfaat untuk website yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama mengunjungi website Anda. Jadi, pas buka website mereka tidak langsung meninggalkan halaman, justru memberikan peluang para pembaca untuk membaca konten lainnya yang ada di website.
Website Anda Menjadi Referensi
Jika Anda memiliki konten yang menarik serta isinya bermanfaat dengan penjelasan yang detail dan berbobot, bisa saja website Anda menjadi referensi bagi para penulis artikel lainnya atau para pengunjung.
Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat artikel yang sesuai dengan search intent. Konten pilar itu harus Anda bangun sendiri, maka hasilnya juga akan memuaskan. Tidak hanya memuaskan untuk Anda saja, tetapi juga para pembaca yang membutuhkan jawaban dari artikel Anda.
Menjadi Media Pemasaran Gratis
Ketika pengunjung website Anda merasa puas dengan konten yang ditulis, maka biasanya para pengunjung atau pembaca akan membagikan konten tersebut kepada orang lain. Hal ini yang menjadikan media pemasaran gratis pada artikel Anda sekaligus untuk mempromosikan website milik Anda.
Jenis-Jenis Content Pillar
Sebelum membuat konten pilar, Anda juga perlu memerhatikan jenis-jenis konten pilar untuk memenuhi target perusahaan atau bisnis yang Anda miliki. Sudah pasti terdapat perbedaan manfaat dari jenis-jenis tersebut. Berikut beberapa jenis konten pilar yang bermanfaat untuk konten Anda:
Functional Content
Biasanya jenis konten seperti ini digunakan untuk memberikan informasi seputar bisnis, produk, layanan yang tersedia. Keunikan dari functional content adalah dapat mencakup promosi atau artikel produk dengan mencirikan unique seliing point.
Contoh ciri khas dari jenis konten ini adalah terdapat keunggulan produk, cara penggunaan produk, bahkan testimoni dari konsumen yang telah menggunakan produk. Hal ini sangat bermanfaat untuk menarik perhatian pelanggan lama atau pelanggan baru.
Educative Content
Konten edukasi yang bertujuan untuk mengedukasi para pembacanya dan sebagai penulis artikel dapat memberikan informasi yang mudah dimengerti. Contohnya, Anda memberikan sebuah informasi dalam artikel yang menjelaskan terkait produk. Agar lebih menarik, Anda bisa membuatnya dalam bentuk infografis atau ilustrasi lainnya.
Creative Content
Konten kreatif sangat berguna untuk memicu imajinasi audiens dan mengajak mereka untuk mempelajari lebih lanjut terkait produk yang diiklankan. Kemudian, Anda harus memiliki tulisan yang dapat memotivasi para pembacanya. Untuk memberikan kesan yang halus, Anda harus menggunakan bahasa yang informal, ringan, dan tidak kaku.
Agile Content
Jenis konten pilar yang terakhir ini digunakan untuk membuat konten yang sedang tren, viral, dan berkaitan dengan isu-isu penting. Contohnya, hari-hari besar, konten-konten viral, dan isu nasional yang bisa dijadikan konten pada artikel website Anda. Biasanya jika menerapkan jenis konten ini akan meningkatkan traffic
Pengaruh Penggunaan Content Pillar Bagi Performa Website
Merapikan Struktur Website
Agar tampilan website kalian menarik dan enak dipandang, bahkan memudahkan para pembaca dengan adanya navigasi artikel. Oleh karena itu, konten pilar sangat berpengaruh bagi performa website yang akan merapikan struktur website jadi lebih terarah. Selain itu juga bermanfaat untuk penerapan SEO off-page.
Meningkatkan Ranking Website
Untuk meningkatkan ranking website, buatlah konten yang memiliki keyword dengan volume tinggi. Konten yang dapat meningkatkan volume tinggi seperti artikel yang menyajikan informasi dengan sesuai harapan dan dibutuhkan para pembaca.
Meningkatkan Kualitas Website
Untuk meningkatkan kualitas website, konten pilar ini sangat berpengaruh pada performa website Anda sendiri. Jika website Anda memiliki informasi yang lengkap dan akurat, maka kepercayaan pengunjung pada website Anda juga akan meningkat. Konten yang memiliki unsur iexpertise, authority, and trust (EAT) lebih berpotensi meningkatkan ranking website di SERP.
3 Cara Membuat Content Pillar yang Mudah
Tentukan Topik dan Keyword Artikel
Langkah pertama untuk membuat konten pilar adalah menentukan topik dan juga kata kunci artikel sesuai dengan apa tujuan kalian ingin membuat artikel tersebut. Jika ingin membuat artikel yang informatif sekaligus promosi terhadap produk bisnis Anda, maka buatlah yang menarik perhatian pembaca.
Contohnya, jika Anda memiliki bisnis produk Jasa Pembuatan Website, maka buatlah konten pilar terkait produk salah satunya adalah Jasa SEO dan gunakan kata kunci yang paling sering orang-orang gunakan untuk mencari. Misalnya, “Jasa SEO Murah 2023”, “Jasa Pembuatan Website Profesional”, dan masih banyak lagi.
Audit Konten yang Telah Ada
Langkah ini kalian dapat lakukan jika sudah memiliki banyak konten di website. Dimana Anda dapat melakukan modifikasi, optimasi, dan membuat ulang konten yang lebih segar dan terbaru dengan topik atau kata kunci yang sudah pernah dibuat.
Mulai Membuat Content Pillar
Setelah memastikan tidak terdapat content canibal atau konten dengan topik atau keyword yang sama, maka Anda bisa langsung membuat artikel dengan konten pilar yang baru. Pembuatan kontennya dapat dimulai dengan memetakan struktur konten penggunaan heading. Kemudian masukan pertanyaan topik dan keyword pada H2 (Heading 2)
Sebenarnya banyak sekali strategi untuk meningkatkan traffic website Anda. Namun, artikel ini menjelaskan strategi utama dan dasar yang dapat Anda terapkan di website yang Anda kelola. Content Pillar menjadi lebih efektif jika memanfaatkan beberapa tools SEO yang sangat cocok untuk website.
Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan content pillar, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Jasa SEO dari IZZLab Digital Marketing Agency Indonesia untuk membantu Anda bikin content pillar yang menarik dan berpengaruh. Konsultasikan sekarang Gratis! Tingkatkan ranking website menggunakan content pillar terbaik dari IZZLab!