Rencanakan bisnis digital Anda. Kami siap berkolaborasi

Topik Artikel

Apa itu Brand Awareness? Apa Manfaatnya dan Bagaimana Strategi Untuk Meningkatkannya?

Apa itu Brand Awareness? Apa Manfaatnya dan Bagaimana Strategi Untuk Meningkatkannya?
Brand Awareness merupakan salah satu istilah yang menggambarkan sejauh mana konsumen mengenal merek yang Anda punya. Apabila Anda ingin memulai sebuah bisnis, maka Anda harus paham betul pentingnya dari brand awareness. Untuk meningkatkan penjualan produk bisnis tersebut, konsumen harus dibuat akrab dengan sebuah merek yang Anda miliki.

Daftar Isi Artikel

Sederhananya seperti ini, brand awareness adalah salah satu cara untuk mengetahui seberapa banyak konsumen mengetahui tentang produk milik Anda. Tanpa brand awareness, sulit sekali untuk mendapatkan konsumen sebanyak yang Anda inginkan.

Semakin Anda mengetahui manfaat strategi untuk meningkatkan brand awareness, maka makin mudah pula Anda akan mendapatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

Artikel ini akan membahas dengan lengkap terkait pengertian brand awareness, manfaatnya, dan bagaimana strategi meningkatkan brand awareness yang efektif untuk bisnis Anda.

Apa itu Brand Awareness

Saat kalian ingin membeli air mineral kemasan, merek apa yang terlintas dipikiran kalian saat ini? Jika kalian memikirkan salah satu brand terkenal yang sudah mendapatkan kepercayaan konsumen sejak tahun 70-an dan hingga kini, yup, itu yang dinamakan brand awareness.

Menurut kalian, bagaimana dampak dari brand awareness yang dimiliki produk air kemasan mineral tersebut? Yup, penjualan mereka meningkat dan merek produk tersebut dikenal konsumen dengan akrab.

Brrand Awareness Pyramid

Jika sudah dikenal dengan akrab, hal tersebut akan membuat konsumen memilih produk itu dibandingkan produk sejenis lainnya yang memiliki merek berbeda. Maka dari itu, brand awareness merupakan salah satu kunci untuk membangun citra merek dan peningkatan penjualan produk pada bisnis yang Anda miliki.

Tidak hanya memiliki produk yang terkenal dengan mereknya, tapi bagaimana konsumen mengetahui nilai-nilai merek, visi dan misi produk yang ditawarkan, dan hubungan merek dengan konsumen produk tersebut.

Hal tersebut terjadi dikarenakan konsumen juga tentunya akan memilih produk dengan merek yang memiliki preferensi sejalan dengan nilai-nilai kebutuhan dan keinginan mereka. Maka dari itu, brand awareness harus dilakukan dengan menggunakan strategi tertentu.

3 Manfaat Brand Awareness

Brrand Awareness Benefit

Terdapat 3 manfaat dari brand awareness yang harus kalian perhatikan demi keberlangsungan dan kesuksesan pada bisnis yang sedang Anda jalani. 3 manfaat brand awareness tersebut, di antaranya:

  1. Meningkatkan Penjualan

Setiap merek pasti memiliki merek dengan tingkat brand awareness yang berbeda-beda. Hal tersebut bisa dilihat dengan mudah, yakni bagaimana konsumen mengingat merek dengan akrab dan populer.

Baca Juga:  7 Tren Digital Marketing Terbaru Yang Perlu Diketahui Digital Marketing Agency

Biasanya kalau merek tersebut sudah dikenal luas oleh konsumen, maka akan lebih mudah mereka memilih produk yang sudah terkenal dibandingkan dengan merek yang belum populer di memori konsumen.

Untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda, maka tingkatkan brand awareness sekarang juga! Bentuk lah strategi pemasaran merek untuk membangun brand awareness secara konsisten agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness, seperti promosi, endorsement ke influencer, kampanye iklan, dan gunakan media sosial yang lagi tren saat ini. Misalnya, Instagram dan TikTok, atau mau di Twitter juga bisa.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Jika Anda sebagai seorang konsumen produk merek mie instan, apakah Anda mau membeli produk mie instan yang mereknya tidak terkenal dan bahkan baru melihat merek tersebut? Apakah Anda akan membeli produk yang memiliki brand terkenal?

Nah, inilah manfaatnya brand awareness, yakni meningkatkan kepercayaan konsumen pada produknya itu sendiri. Bagaimana konsumen mau percaya terhadap produk tersebut kalau mereknya saja tidak dikenal? Konsumen akan merasa tidak aman menggunakan produk dari merek tersebut.

Konsumen yang pasti akan memilih produk yang telah populer dan memang dipercaya produknya memiliki kualitas terbaik, Apalagi soal merek sebuah produk makanan. Konsumen akan memiliki kepercayaan lebih tinggi terhadap merek produk mie instan yang telah populer tersebut.

  1. Membangun Loyalitas Konsumen

Jika konsumen sudah percaya terhadap merek yang Anda miliki, maka jangan lupa untuk membangun loyalitas konsumen. Bagaimana caranya untuk meningkatkan loyalitas konsumen?

Salah satu cara agar konsumen membeli produk Anda secara berulang kali, yakni terdapat pada produknya itu sendiri. Anda harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, jangan hanya mereknya saja yang bagus tapi kualitas produknya downgrade. Salah satu agar citra merek produk meningkat juga dari kualitas produk yang bagus dan memuaskan.

Baca Juga:  Apa itu Performance Management System?

Jika Anda konsisten pada peningkatan citra merek, maka akan meningkatkan penjualan produk juga. Konsumen akan memberikan pengalaman personalisasi mereka dengan positif dan memuaskan. Buatlah konsumen merasa tepat memilih produk Anda dan cenderung akan merekomendasikan produk tersebut ke orang lain.

4 Strategi Brand Awareness

Terdapat beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness suatu merek produk, di antaranya:

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial tidak hanya untuk update status atau twit saja, Anda dapat memanfaatkannya sebagai media berpromosi dengan tujuan meningkatkan brand awareness. Sebagai seorang pebisnis atau pengusaha, di era digital seperti sekarang ini harus pintar-pintar memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan cuan.

Untuk meningkatkan brand awareness menggunakan media sosial, Anda bisa mempublikasikan sebuah konten menarik yang berkaitan dengan produk Anda. Sampai saat ini, media sosia merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menjangkau target pemasaran.

  1. Bikin Event

Selain media sosial, Anda juga bisa membuat sebuah event-event menarik yang memungkinkan merek produk dikenal oleh konsumen. Jika produk Anda diiklankan atau dipromosikan pada event tersebut, maka besar kemungkinan Anda akan memiliki banyak konsumen baru. Sangat bermanfaat buat bisnis Anda, bukan?

  1. Kerjasama Influencer

Influencer merupakan orang yang berpengaruh dan cocok untuk mempromosikan produk Anda kepada influencer yang memiliki pengikut banyak tersebut. Anda bisa kerjasama dengan influencer dengan melakukan endorsement.

Para influencer akan mengenalkan produk Anda kepada pengikut mereka dan tentunya akan meningkatkan kredibilitas merek bisnis yang Anda miliki. Kerjasama dengan influencer juga cara paling ampuh di era digital seperti sekarang ini. Apalagi kalau influencer-nya menarik.

  1. Gunakan Strategi Digital Marketing

Anda bisa memanfaatkan berbagai teknik pemasaran digital, seperti promosi pada website e-commerce, menggunakan email marketing, media sosial, dan masih banyak lagi teknik-teknik digital marketing yang dapat Anda gunakan. Jika Anda memanfaatkannya dengan tepat, maka bisnis Anda akan meningkat dengan pesat.

Baca Juga:  Jangan Tertipu! Ini Dia Harga Jasa SEO Website yang Wajar

4 Cara Meningkatkan Brand Awareness

Setelah kalian sudah menentukan strategi mana yang akan digunakan, langkah berikutnya adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness bersamaan dengan strategi tersebut.

  1. Memahami Target Pasar

Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness, maka ketika melakukan strateginya kalian juga harus memahami target pasar produk merek Anda. Misalnya, jika Anda ingin menjual produk susu osteoporosis untuk lansia, maka target pasar Anda adalah konsumen lansia.

Jika sesuai dengan target pasar tentunya akan meningkatkan efektivitas strategi pemasaran dan memperkuat brand awareness di antara konsumen yang memiliki potensi menjadi pelanggan.

  1. Tingkatkan Kualitas Produk atau Layanan yang Baik

Konsumen juga pastinya akan membeli suatu produk atau layanan dengan kualitas terbaik. Mereka tidak ingin membeli produk atau layanan, jika produknya saja kualitasnya tidak konsisten. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan kualitas pada merek yang dimiliki.

  1. Bikin Konten Berkualitas

Jika kalian memanfaatkan media sosial untuk berpromosi, maka salah satu cara yang tepat adalah membuat konten yang berkualitas. Apabila konten yang Anda miliki saja tidak menarik, bagaimana Anda akan menarik konsumen? Maka dari itu, biasanya kerjasama dengan influencer akan membantu meningkatkan konten jadi lebih menarik.

  1. Buatlah Logo dan Slogan yang Menarik

Logo dan Slogan adalah bagaikan identitas suatu merek itu sendiri. Apalagi logo dan slogan yang memiliki filosofi unik pasti konsumen akan lebih tertarik. Hal ini lah yang akan membedakan kualitas merek Anda dengan kompetitor. Buatlah logo yang eye catching dan bangun lah slogan yang enak serta mudah diucap

Anda kesulitan untuk meningkatkan brand awareness? Tenang saja, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan jasa Digital Marketing Agency dari IZZLab. Kami akan membantu Anda meningkatkan penjualan dengan strategi yang tepat dan efektif agar produk Anda dikenal luas. Konsultasikan sekarang secara GRATIS untuk mendapatkan harga penawaran terbaik. Yuk, tingkatkan brand awareness produk yang kuat bersama dengan IZZLab!

Artikel Lainnya:

Butuh bantuan untuk memulai?

Kami akan membantu anda menemukan solusi sempurna untuk bisnis Anda.

PT. Satria Berdikari Sejahtera.
Sentra Waringin Residence
Bogor, Jawa Barat, 16320
(021) 87972812

× Diskusi Melalui WA!