Rencanakan bisnis digital Anda. Kami siap berkolaborasi

Topik Artikel

5 Strategi Efektif dan Mudah Memasarkan Produk Secara Online

5 Strategi Efektif dan Mudah Memasarkan Produk Secara Online
Seiring berjalannya waktu, Anda perlu memahami strategi memasarkan produk secara online. Perkembangan teknologi juga semakin maju dan Anda harus memperbaharui strategi pemasaran tradisional menjadi modern yang sesuai dengan tren.Apalagi saat ini hampir setiap orang sudah menggunakan smartphone. Fitur-fitur pemasaran online juga semakin berkembang. Anda harus memanfaatkan fitur tersebut untuk memasarkan produk bisnis yang dimiliki.

Daftar Isi Artikel

Jika dulu Anda melakukan pemasaran yang hanya bergantung pada iklan pamflet, billboard, dan iklan di TV, kini proses pemasaran jauh lebih mudah dengan hadirnya fitur-fitur pemasaran secara online. Dengan Anda menerapkan strategi ini, maka Anda dapat melihat target audiensi pemasaran lebih efektif.

Melakukan pemasaran secara digital atau online justru lebih murah dibanding harus mencetak banyak brosur, membayar pasang billboard, dan membayar stasiun Televisi yang harganya bisa lebih mahal. Akan tetapi untuk bersaing dengan kompetitor, bisnis Anda bisa melakukan pemasaran dengan kedua metode tersebut.

Nah, karena saat ini persaingan bisnis sangat ketat di dunia digital, kami menyarankan Anda untuk mengetahui beberapa strategi yang efektif dan mudah untuk memasarkan produk secara online. Melakukan pemasaran produk secara online memang susah-susah gampang, tapi saat ini sudah banyak jasa yang akan membantu bisnis atau perusahaan Anda melakukan pemasaran digital.

Untuk memulai pemasaran secara online, pasti Anda akan selalu bertanya-tanya “Apa langkah awal melakukan pemasaran secara online?”, “Bagaimana caranya memasarkan produk secara online?” Jawabannya adalah Anda harus membangun strategi pemasaran online yang efektif dan mudah untuk perusahaan atau bisnis online yang dimiliki.

Kami akan memberikan informasi penting khusus untuk Anda terkait strategi efektif dan mudah untuk melakukan pemasaran produk secara online di bawah ini.

5 Cara Memasarkan Produk dan Jasa Secara Online

Penjelasan penting di bawah ini dapat Anda manfaatkan sebaik-baiknya agar perusahaan atau bisnis online yang dimiliki meningkat dengan pesat.

  1. SEO

Jika Anda sudah membuat website atau situs toko online yang bagus dan menarik, jangan lupa untuk menerapkan teknik pemasaran SEO. Cara ini merupakan langkah awal Anda agar calon pelanggan dapat melihat dan mengetahui keberadaan perusahaan atau toko online yang Anda miliki melalui website atau situs secara gratis.

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. Teknik ini digunakan untuk mengoptimasi suatu website agar situs yang Anda miliki berada di peringkat teratas pada mesin pencarian populer seperti Google dibanding dengan kompetitor lainnya.

Baca Juga:  5 Tools SEO Terbaik 2023

Jika Anda menerapkan strategi pemasaran ini, maka akan memudahkan calon pelanggan mengetahui informasi terkait produk bisnis Anda.  Proses optimasi sebuah situs yang lebih baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dalam melakukan pemilihan URL halaman yang pendek dan juga relevan dengan keyword pencarian.

Agar situs atau website Anda berada di peringkat teratas juga membutuhkan kata kunci relevan. Penting sekali untuk memperhatikan Keyword atau kata kunci pada sebuah judul halaman, karena dari judul yang menarik lah orang akan tertarik membuka website atau situs Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk manfaatkan berbagai tools untuk mendukung optimasi SEO di website. Anda dapat memanfaatkan salah satu tools gratis, seperti Google Trends. Kalau tools yang berbayar, Anda dapat menggunakan Ahrefs atau SEMrush untuk mengetahui jumlah volume pencarian yang didapat dari query tersebut tiap bulannya.

  1. Email Marketing

Apakah Anda pernah menerima Email dari online shop langganan? Email tersebut merupakan salah satu teknik pemasaran menggunakan email marketing. Teknik ini merupakan salah satu cara agar menarik perhatian calon pelanggan Anda.

Cara kerja dari teknik pemasaran menggunakan Email Marketing ini adalah dengan melakukan pengiriman pesan elektronik secara otomatis kepada para konsumen maupun calon pelanggan yang menjadi target pemasaran Anda.

Biasanya, mereka mengirimkan email tersebut guna untuk mengingatkan pembeli atau pengunjung online shop yang lupa untuk check out barang-barang yang sudah ada di keranjang calon pelanggan Anda dengan meninggalkan situs sebelum menyelesaikan pembelian.

Teknik pemasaran menggunakan Email Marketing ini juga sangat ampuh untuk mempromosikan produk-produk yang Anda jual dengan melakukan pengiriman email secara otomatis ke banyak pelanggan maupun calon pelanggan secara bersamaan. Hal tersebut sebagai salah satu cara untuk menarik pelanggan. Cara yang efektif dan mudah, bukan?

Baca Juga:  Rahasia Meningkatkan Performa Website Anda dengan Content Pillar!

Paling tidak terdapat kurang lebih 60% konsumen yang akan memeriksa email mereka setiap hari. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform yang akan memudahkan melakukan teknik ini. Cara promosi ini memang sudah pernah digunakan oleh beberapa perusahaan besar dan terbukti ampuh. Jika Anda diposisi sebagai konsumen, apakah cara ini akan efektif?

Selain menggunakan cara reminder melalui Email, Anda juga bisa menggunakan newsletter. Dimana newsletter merupakan semacam koran digital yang dapat mengirimkan berbagai jenis konten marketing dan juga promosi terhadap para konsumen yang berlangganan newsletter tersebut.

Menggunakan cara newsletter juga biasanya sangat ampuh dan efektif digunakan untuk mempromosikan produk baru kepada pelanggan tetap. Pada newsletter juga sekaligus untuk memberi informasi terbaru terkait produk yang Anda promosikan. Hal ini berguna untuk mendorong konsumen belanja produk baru tersebut.

  1. SEM

Jika sebelumnya ada SEO, maka sekarang ada SEM. SEM dengan SEO tidak berbeda jauh. Masih sama-sama berkaitan dengan iklan di sebuah website atau situs produk yang Anda miliki.

SEM merupakan Search Engine Marketing yang pada dasarnya adalah salah satu alternatif untuk SEO berbayar. Dimana Anda dapat menempatkan iklan di bagian atas hasil pencarian dengan keyword atau kata kunci tertentu dengan biaya tergantung tools apa yang digunakan.

Memang tidak gratis menggunakan SEM, akan tetapi ini juga bisa jadi alternatif yang ampuh dan sebagai investasi yang layak untuk masa depan perusahaan atau bisnis onlineAnda.

Selain itu, jika Anda tertarik menggunakan SEM dan membayarnya sesuai tools kebutuhan Anda, maka tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan optimasi website atau situs yang dimiliki.

Cara ini sebagai salah satu yang efektif, mudah, dan cepat untuk bisa memberikan presence terhadap brand dan produk Anda di dunia maya. Biasanya website yang menerapkan SEM akan muncul logo “Ad” atau “Iklan” di halaman pencarian.

  1. Mempersonalisasi Pengalaman Pelanggan

Cara berikutnya untuk memasarkan produk secara online adalah dengan mempersonalisasikan pengalaman para pelanggan. Biasanya disebut testimoni. Perusahaan dan pebisnis online sebaiknya jangan melewatkan pengalaman personalisasi pelanggannya.

Baca Juga:  7 Tren Digital Marketing Terbaru Yang Perlu Diketahui Digital Marketing Agency

Memerhatikan pengalaman pelanggan pada produk atau jasa layanan bisnis Anda sebagai salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Biasanya para pelanggan juga memerhatikan after sale sebuah perusahaan atau toko online setelah mereka melakukan testimoni tersebut.

Jika Anda menghargai testimoni yang berisi kritik, saran, dan komplain akan menarik pelanggan untuk membeli produk Anda lebih sering lagi. Lakukan dari mulai hal-hal kecil yang akan menyentuh personalisasi pelanggan.

Setiap personalisasi yang dapat Anda berikan akan sangat penting. Misalnya, Anda akan melakukan pengiriman barang ulang jika terjadi kesalahan toko, memberikan penawaran diskon sesuai riwayat pembelian, dan masih banyak cara untuk meratukan para pelanggan.

  1. Menggunakan Platform Lain

Jika Anda ingin mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya, maka jangan hanya terpaku pada satu platform saja. Calon konsumen produk Anda kan menggunakan berbagai platform, sehingga untuk menjangkau target pemasaran maka harus mempromosikan di berbagai platform.

Sesuaikan juga platform mana yang sesuai dengan target demografis Anda. Anda juga harus mengenali pelanggan dan calon pelanggan yang cocok pada produk Anda dengan riset terlebih dahulu. Jangan sampai produk yang banyak diminati orangtua, tapi promosinya di Instagram. Pengguna Instagram kan kebanyakan remaja.

Itu dia 5 cara efektif dan mudah untuk memasarkan produk secara online. Anda bisa memanfaatkan kelima cara tersebut untuk mendapatkan pelanggan konsumen dengan cepat. Jasa Digital Marketing Agency IZZLab juga dapat membawa bisnis Anda berkembang dan meningkat denga pesat. Anda juga bisa memanfaatkan jasa pembuatan website e-commerce atau toko online dari IZZLab yang akan mempermudah kegiatan berjualan online. Segera kunjungi website kami untuk info lebih lanjut!

Artikel Lainnya:

Butuh bantuan untuk memulai?

Kami akan membantu anda menemukan solusi sempurna untuk bisnis Anda.

PT. Satria Berdikari Sejahtera.
Sentra Waringin Residence
Bogor, Jawa Barat, 16320
(021) 87972812

× Diskusi Melalui WA!