Oleh karena itu, iklan menggunakan Facebook sebagai salah satu langkah yang efektif bagi Anda yang baru ingin memulai iklan dengan cara yang mudah. Meskipun saat ini Facebook sebagai salah satu platform yang jarang terdengar lagi, karena Anda lebih sering menggunakan Instagram atau TikTok.
Facebook masih banyak memiliki peminat. Terutama bagi mereka yang memiliki bisnis, market Facebook sangat banyak dan Anda bisa menjual dan promosi produk lebih mudah. Hal ini dikarenakan pengguna Facebook yang loyal dan cenderung aktif menjadi target pasar mereka.
Bahkan, brand besar saja masih banyak yang mengandalkan Facebook untuk mempromosikan produk mereka dan menjadi marketing tool utama. Campaign marketing menggunakan Facebook Ads juga sangat berpengaruh dan dapat diandalkan. Berikut kami jelaskan seperti apa Facebook Ads itu?
Apa Itu Facebook Ads
Facebook Ads atau Facebook Advertising merupakan salah satu marketing tool yang biasanya digunakan oleh para pebisnis atau brand untuk mempromosikan produknya dengan mengunggah postingan berbayar.
Sederhananya, Anda melakukan iklan berbayar di Facebook dengan target pasar yang berpotensial menguntungkan bisnis Anda. Apalagi pengguna Facebook di Indonesia sangat besar. Hal tersebut menjadi kesempatan Anda memanfaatkan platform berbayar dengan mudah.
Berdasarkan hasil data Napoleon Cat, jumlah pengguna Facebook di Indonesia hingga Februari 2023 ini tercatat mencapai 191,4 juta pengguna. Jumlah ini meningkat 11,09 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 172,3 juta pengguna.
Sangat besar sekali angka peningkatannya, bukan? Facebook Ads biasanya memiliki target kepada pengguna sesuai dengan beberapa filter, seperti demografi, lokasi, ketertarikan, dan informasi lainnya.
Pada Facebook Ads, Anda juga perlu menyesuaikan budget Facebook Ads sesuai dengan klik atau impresi. Hal ini akan memudahkan para calon pembeli produk Anda untuk menemukannya. Menggunakan Facebook untuk iklan jadi salah satu langkah ideal yang murah mulai dari modal berapa pun,
Facebook juga sama dengan Instagram, Messanger, dan marketplace lainnya yang memunculkan fitur iklan stories. Jadi, saat Anda sedang melihat story orang-orang, iklan Anda akan muncul sebagai story dengan label ‘Sponsored’ di bawahnya. Cara ini merupakan paling ampuh meningkatkan traffic akun bisnis Anda.
5 Kelebihan Menggunakan Facebook Ads
Meskipun zaman semakin berkembang dengan hadirnya platform media sosial yang kekinian, tapi Facebook tetap memiliki peminat di segala usia. Hal inilah yang membuat pengguna Facebook banyak dan berpeluang menjadi wadah yang ideal untuk berpromosi atau iklan produk bisnis.
Facebook dianggap memiliki sifat yang fleksibilitas, sehingga sangat direkomendasikan untuk bisnis yang besar maupun kecil. Untuk meyakinkan kalian menggunakan dan memanfaatkan Facebook Ads, terdapat beberapa keuntungan atau kelebihan yang akan Anda rasakan, yaitu:
Jangkauan Luas
Keuntungan pertama saat Anda menggunakan Facebook Ads adalah penggunanya yang sangat besar. Apalagi di Indonesia hampir mencapai 200 juta di tahun 2023 ini. Meskipun Facebook terkesan jadul, tapi media sosial ini paling populer di antara marketplace lainnya. Facebook jadi platform yang tepat untuk iklan dengan mencapai target seluas mungkin.
Panggung Kreativitas
Facebook juga sebagai salah satu platform media sosial yang sangat interaktif dengan audiensnya. Saat Anda ingin mengiklankan atau mempromosikan produk bisnis dapat memanfaatkan futur story. Bagikan cerita atau narasi campaign yang menarik audiens untuk interaktif. Hal ini akan meningkatkan pengunjung akun Anda lebih banyak di banding dengan sebelumnya.
Biayanya Terjangkau
Untuk mengiklankan dan mempromosikan produk Anda di Facebook dengan bebas, Facebook jadi platform marketplace yang ramah di kantong alias terjangkau. Di Facebook, Anda bisa menyesuaikan biayanya dengan budget dan keperluan Anda sesuka hati.
Mengukur Konversi
Dashboard Facebook juga menyediakan fitur lengkap untuk beriklan, seperti Facebook Pixel. Pada fitur Facebook Pixel ini, Anda dapat melihat siapa saja yang membeli produk atau layanan. Anda juga jadi bisa menganalisis produk mana yang paling diminati dan banyak pembelinya. Sangat menarik, bukan?
Visibility
Keuntungan selanjutnya yang akan Anda dapatkan dari Facebook Ads adalah visibilitas iklan. Pada fitur ini, Anda dapat melakukan proses pelacakan campaign untuk melihat biaya yang telah dikeluarkan dan respon terkait produk yang Anda iklankan tersebut. Visibilitas iklan akan memudahkan Anda untuk melakukan perkembangan bisnis.
3 Kekurangan Menggunakan Facebook Ads
Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan, karena tiap platform tidak sempurna dan kesempurnaan hanya miliki-Nya. Maka dari itu, terdapat beberapa kekurangan dari penggunaan Facebook Ads yang perlu Anda ketahui dan jadi bahan pertimbangan, antara lain:
Iklan yang Terbatas
Anda dapat melakukan iklan dengan bebas, akan tetapi iklannya terbatas. Jadi, tidak sebebas yang Anda duga. Aturan di Facebook cukup ketat terkait aturan perlindungan konsumen. Anda harus menunggu iklan tersebut di proses approval selama 24 jam sebelum akhirnya iklannya terbit.
Persaingannya yang Ketat
Dalam sebuah bisnis persaingan bisa saja terjadi. Bahkan, orang terdekat Anda juga bisa menjadi kompetitor. Banyak sekali pebisnis dan brand yang beriklan di Facebook. Maka dari itu, Anda perlu mengatur strategi agar produk yang diiklankan lebih menarik konsumen di banding kompetitor.
Aturan 20%
Facebook memiliki aturan 20%, yakni menolak iklan yang memuat konten teks lebih dari 20%. Tetapi saat ini, aturan tersebut sudah agak longgar. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap harus memenuhi aturannya agar iklan produk Anda lebih direkomendasikan ke pada target audiens.
7 jenis Iklan Facebook Ads
Jenis-jenis iklan di Facebook Ads juga banyak. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan iklan di Facebook Ads dan target pasarnya. 7 jenis iklan Facebook Ads tersebut, antara lain:
Image Ads
Iklan ini menggunakan konten gambar. Jenis Facebook Ads paling umum dan banyak digunakan. Anda hanya mengunggah gambar ke deskripsi halaman Facebook Anda dan melakukan tindakan peningkatan dengan membagikan berita tentangnya.
Tips untuk menggunakan image ads, sebaiknya jangan menggunakan teks yang terlalu banyak. Gunakan copywriting yang sesuai dengan gambar dan mudah dibaca dengan cepat.
Video Ads
Anda dapat melakukan iklan dan promosi menggunakan video panjang atau pendek di Facebook untuk ditampilkan sebagai iklan in-stream. Iklan ini juga efektif untuk menjangkau lebih banyak audiens.
Poll Ads
Jenis iklan ini sebagai salah satu untuk menjangkau audiens untuk interaktif. Fitur iklan ini hanya dapat diakses di layar seluler. Pollingnya juga hanya terdiri dari dua opsi. Jenis iklan ini juga opsional, bagi Anda yang ingin menambahkan fitur polling ke iklan gambar atau video.
Carousel Ads
Jika Anda ingin menampilkan lebih banyak foto dan video yang mencapai hingga 10, gunakan fitur iklan Carousel Ads ini. Semakin banyak gambar yang menjelaskan lebih detail terkait produk, maka akan lebih mudah manjangkau calon konsumen. Anda bisa menambahkan tautan tombol “beli” untuk memudahkan calon pembeli.
Collection Ads
Iklan ini hanya tersedia di perangkat seluler. Pelanggan bisa mengklik koleksi foto yang Anda sajikan untuk membeli barang atau layanan. Ini sebagai bentuk dari etalase produk bisnis Anda. Iklan ini sebagai bentuk sugesti kepada orang yang mengunjungi toko online agar menambahkan item tersebut ke keranjang.
Instant Experience Ads
Jenis iklan ini mirip dengan landing page. Anda bisa klik dan muncul satu halaman penuh dengan keuntungan loading yang sangat cepat tanpa membujuk calon pelanggan meninggalkan Facebook. Tapi, iklan ini hanya dapat diakses di perangkat seluler.
Lead Ads
Iklan Facebook Ads dengan fitur lead ads bertujuan untuk memudahkan para pengguna memasukkan kontak mereka tanpa harus banyak mengetik. Fitur ini juga hanya bisa dimanfaatkan menggunakan perangkat seluler. Pelanggan akan mudah untuk masuk ke buletin, mencoba produk, dan menghubungin Anda dengan segera.
Cara Menggunakan Facebook Ads dalam Bisnis
Membuat Halaman Facebook
- Buka Facebook page
- Jika belum punya akun, Anda akan diminta memilih halaman Bisnis atau merek atau Komunitas atau Tokoh masyarakat
- Setelahnya, klik Memulai > sambungkan dengan akun Facebook pribadi Anda atau akun Facebook brand
- Lengkapi profil Facebook Page Anda, seperti nama halaman, kategori bisnis, dan deskripsi halaman.
- Anda juga bisa menghubungkan WhatsApp Business, website, dan media sosial lainnya.
- Facebook Page siap digunakan untuk beriklan.
Menggunakan Facebook Ads
- Buka Facebook Pages Anda, pilih menu Business Suite.
- Setelahnya, pilih Ads > kilik Facqbook Ads Manager.
- Anda akan mendapati dashboard Facebook Ads Manager, di sinilah Anda bisa merancang campaign iklan.
- Klik Campaign > pilih Create > isi detail campaign yang ingin Anda jalankan.
- Setelah membuat campaign, Anda bisa mengatur cara kerja Ads. Pilih menu Ad Sets > Create > dan but Ads sesuai dengan keperluan Anda.
- Bagi pebisnis, Anda bisa memilih banyak jenis Facebook Ads yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan target Anda, di antaranya:
Bagi para pebisnis, Anda dapat memanfaatkan jenis Facebook Ads yang sesuai dengan kebutuhan dan target Anda, yaitu:
- Image
- Video
- Carousel
- Instant Experience
- Collection
- Lead
- Slideshow
- Stories
- Messenger
Facebook sebagai platform yang idel untuk melakukan iklan dan promosi pada bisnis Anda. Jika Anda kesulitan mengelola Facebook Ads, Anda dapat menyerahkan kepada ahlinya di IZZLab. Kami menyediakan berbagai layanan Digital Marketing Agency salah satunya Facebook Ads. Konsultasikan sekarang untuk mendapatkan penawaran menarik dari IZZLab!