Rencanakan bisnis digital Anda. Kami siap berkolaborasi

Topik Artikel

Sejarah dan Tren Digital Marketing di Indonesia

Sejarah dan Tren Digital Marketing di Indonesia
Sejak dahulu dunia pemasaran memiliki berbagai jenis trik untuk menarik calon konsumennya. Mulai dari strategi pemasaran yang tradisional, yakni dengan melakukan pemasangan iklan berupa fisik, seperti papan reklame yang ada di jalan-jalan, brosur-brosur yang ditempel di tembok dan disebarkan, komunikasi atau berinteraksi langsung secara tatap muka, dan masih banyak lagi. Hingga strategi pemasaran secara modern seperti digital marketing.

Daftar Isi Artikel

Seiring perkembangan zaman, teknologi di Indonesia juga perlahan mulai berkembang secara pesat. Alat komunikasi juga semakin canggih dengan hadirnya dunia internet yang dapat dimanfaatkan untuk strategi pemasaran melalui website atau media sosial. Kemudian, banyak perusahaan-perusahaan yang beralih perlahan ke digital marketing.

Hingga pada akhirnya banyak pebisnis yang lari ke dunia digital, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka tetap melakukan pemasaran tradisional. Misalnya, pada dealer motor yang masih menerapkan strategi pemasaran tradisional, yakni penyebaran brosur di jalan-jalan kepada para pengendara. Padahal mereka juga melakukan iklan di berbagai digital.

Setelah makin banyak pebisnis yang beralih ke dunia digital, kemudian muncul lah Digital Marketing Agency sebagai agensi baik perorangan atau perusahaan yang akan membantu klien dari kalangan pebisnis, perusahaan atau lainnya yang membutuhkan pengelolaan pemasaran digital. Sejak saat itu lah Digital Marketing Agency memiliki peran yang penting dalam segala urusan bisnis dan perusahaan besar maupun kecil.

Digital Marketing Agency bukan hal baru lagi di tahun ini. Kalau dahulu namanya advertising agency yang selalu dibutuhkan oleh bisnis, saat ini telah bergeser sebagai era digital marketing agency yang sama pentingnya. Para Digital Marketing Agency akan terus bersaing dan berkembang untuk bisa memenuhi kebutuhan kliennya, yakni membuat brandnya terkenal dan meningkatkan penjualan pada bisnis mereka.

Dunia yang serba digital ini merupakan dampak dari perkembangan internet di Indoneia yang semakin pesat. Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia tahun 2022-2023 saja mencapai 215,63 juta orang. Jumlah ini meningkat 2,67% dibanding periode sebelumnya sebanyak 210,03 juta pengguna. Maka dari itu, tren digital marketing adalah berkembang dengan sangat cepat.

Sejarah Perkembangan Digital Marketing di Indonesia

Awal perkembangan Digital Marketing adalah di dunia pada tahun 1980-an. Kemudian, seiring berjalannya waktu pada tahun 1986 muncul yang namanya standarisasi SQL oleh ANSI dari Amerika Serikat. Di tahun tersebut internet lagi berkembang pesat, tapi penggunaannya terbatas hanya di kalangan militer saja.

Pada tahun 1990-an, publik telah dikenalkan dengan munculnya istilah digital marketing. Dimana mereka telah mengenal yang namanya mesin pencarian. Saat itu mesin pencarian ini bernama Archie. Setelah kehadiran mesin pencarian ini lah yang kemudian muncul WWW (World Wide Web). Pasti kalian tahu dengan WWW atau bahkan tidak asing dengan arti WWW tersebut?

Setelah dua tahun kemudian, maraknya iklan-iklan online yang kalau diklik akan mengarahkan kalian ke unggahan produk yang dipromosikan tersebut. Biasanya kita juga masih bisa menemukan iklan-iklan tersebut di internet. Bahkan, makin bervariasi iklannya. Ternyata hal ini sudah ada sejak tahun 90-an. Canggih, bukan? Hanya butuh 2 tahun saja, teknologi untuk iklan sudah secanggih ini.

Akan tetapi, seiring perubahan zaman sejak pertama kali strategi digital marketing diperkenalkan makin banyak perubahan. Bahkan perubahannya bisa makin modern dan kekinian sesuai trennya. Sejak dahulu promosi dengan cara digital marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan. Ini lah yang dinamakan strategi pemasaran modern menggunakan digital marketing,

Pada tahun 90-an tersebut mulai muncul perdagangan online atau e-commerce. Pertama kali hadir ­e-commerce bernama Yahoo! Generasi 90-an pasti tidak asing dengan Yahoo!. Hingga akhirnya di Indonesia juga semakin mengenal Yahoo! Sebagai akomodasi berbagai perdagangan online. Di tahun 90-an juga internet mulai memasuki Indonesia tepatnya di tahun 1994 dengan hadirnya IndoNet sebagai ISP komersial pertama di Indonesia.

Digital Marketing di Indonesia juga semakin berkembang pesat pada tahun 2000-an. Sudah banyak bermunculan iklan-iklan online, SEO, Social Media Marketing, dan Email Marketing. Dimana semua itu dapat dilakukan dengan Digital Marketing Agency yang akan membantu perusahaan kalian meningkatkan penjualan pada produk dan jasa.

Strategi pemasaran di Indonesia juga mulai berkembang di tahun 2010-an dengan memanfaatkan digital marketing sebagai salah satu cara yang sangat efektif untuk melakukan promosi penjualan, meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness, dan juga perusahaan dapat menargetkan audiens dengan tepat serta membuatnya merasa lebih dekat dengan brand mereka.

Baca Juga:  Apa Itu Facebook Ads? Rahasia Sukses Bisnis Online

Di tahun ini juga makin banyak digital marketing agency yang menawarkan jasa mereka untuk membantu perusahaan atau perseorangan yang ingin meningkatkan penjualan produk bisnis brand mereka dan juga menginginkan brand-nya dikenal banyak orang.

Tren Digital Marketing 2023 di Indonesia

Tren digital marketing di Indonesia semakin berkembang pesat di tahun 2023 ini. Banyak bermunculan bentuk tren digital marketing, apalagi semenjak pandemi Covid-19, dimana semuanya serba online dan menjadi kesempatan mereka untuk melakukan strategi pemasaran dari yang profesional hingga unik-unik juga banyak ditemukan.

  1. E-Commerce

Tren belanja online bukan lagi hal baru di tahun 2023 ini. Berdasarkan Data Kemendag (Kementerian Perdagangan) menyatakan bahwa belanja online justru meningkat saat pandemi Covid-19 dan mengalami kenaikan sebesar 25,5% dibanding tahun 2021. Hal ini jelas menunjukkan adanya pengaruh dari digital marketing tersebut.

Melihat dari data Kemendag terkait adanya perkembangan belanja online atau e-commerce yang ternyata dibutuhkan oleh banyak orang. Bahkan pandemi Covid-19 juga memberikan keuntungan pada pelaku e-commerce. Hingga saat ini E-commerce semakin bertahan dan terus mengalami kemajuan, karena lebih hemat, nyaman, dan mudah mengaksesnya jika kalian memilih Digital Marketing Agency yang bagus.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, orang-orang lebih memilih belanja secara offline atau datang langsung ke toko. Banyak yang berpendapat juga belanja offline lebih cepat dan bisa lihat kondisi barangnya secara real time. Namun, ketika Covid-19 memasuki Indonesia, pemerintah mulai membatasi aktivitas di luar rumah.

Banyak pedagang offline yang gulung tikar dan berpindah ke e-commerce karena adanya pandemi. Pada sistem belanja online juga sebenarnya lebih nyaman dan mudah, kalian juga harus pintar-pintar memilih toko online yang terpercaya. Sama halnya dengan belanja offline juga harus pilih-pilih terhadap produk yang ditawarkan. Ini lah pentingnya Digital Marketing Agency.

Digital Marketing Agency akan membantu website perusahaan kalian berada di paling atas dengan adanya SEO. Setiap perusahaan atau bisnis pasti membutuhkan peran Digital Marketing Agency juga akan membantu e-commerce kalian menarik dengan konten-kontennya. Pada sebuah website bisnis atau perusahaan, Digital Marketing Agency akan memastikan adanya laman testimoni yang sangat berguna untuk para pembeli.

Pesan penting untuk kalian yang ingin membuat e-commerce untuk keperluan belanja online adalah jangan pernah mengabaikan pengalaman online. Pengalaman para pembeli dapat dijadikan saran dan kritik kemajuan bisnis kalian. Pengalaman pembeli atau testimoni juga penting buat kalian yang ingin belanja online, karena dari situ lah kalian bisa melihat kualitas produk yang bagus seperti apa.

  1. Artificial Intelligence Marketing

Teknologi yang biasa dikenal dengan AI ini merupakan salah satu tren digital marketing menggunakan kecerdasan buatan yang telah berkembang di indonesia. Menurut Adhigna Mahendra, Chief of Business, Product, and AI Strategy, Nodeflux beliau menyatakan bahwa teknologi AI di Indonesia sudah ada sejak erah 80-an.

Pada tahun 1980-an tersebut teknologi AI hanya digunakan oleh perusahaan dari industri tertentu saja. Misalnya, industri minyak dan gas memanfaatkan AI untuk mencari sumur minyak, penerbangan dan logistik untuk menentukan rute armada. Sementara untuk digital marketing AI baru berkembang tahun 2020 lalu. Mereka juga pasti melibatkan Digital Marketing Agency pada tren ini.

AI di tahun ini semakin sering digunakan untuk kebutuhan iklan atau bahkan sebuah produk software yang saat ini terdapat pada digital marketing agency. Mereka akan membantu brand para kliennya dikenal banyak orang dan mencapai target pasar secara online menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence).

  1. Voice Search

Kalian pernah menemukan fitur voice search di handphone kalian? Fitur voice search Itu kalian dapat mencari sesuatu menggunakan suara. Contohnya, kalian akan mencariproduk yang diinginkan menggunakan suara tanpa mengetik. Akan tetapi fitur ini terkadang masih sering kurang akurat dan butuh perbaikan pada keyword yang ter-input

Voice Search sebenarnya menjadi tren digital marketing yang sangat berguna. Apalagi fitur ini sangat dibutuhkan oleh para disabilitas sebagai pengguna internet yang juga berpengaruh pada peningkatan penjualan produk bisnis perusahaan. Kalau di Google kalian bisa menggunakan fitur voice search dengan tujuan yang sama.

Baca Juga:  5 Strategi Efektif dan Mudah Memasarkan Produk Secara Online

Jika kalian ingin menambahkan fitur voice search pada website atau toko online, kalian harus memerhatikan beberapa item-item informasi penting yang banyak dicari menggunakan fitur voice search sebagai berikut:

  1. Informasi tentang penjual dan promosi dengan persentase sebesar 52%
  2. Informasi tentang tips-tips untuk membuat hidup lebih mudah dengan persentase sebesar 48%
  3. Informasi tentang event dan kegiatan terbaru dengan persentase sebesar 42&
  4. Informasi tentang bisnis, yakni berkaitan dengan lokasi toko, barang yang ditawarkan, jam buka dan tutup, dan lain-lain dengan persentase sebesar 39%
  5. Akses terhadap customer service dengan persentase sebesar 38%.

Dari item-item informasi tersebut dapat dijadikan referensi dalam voice search di website atau toko online kalian. Calon pelanggan konsumen yang menggunakan fitur voice search biasanya mereka menginginkan sesuatu yang instan dan cepat. Fitur ini memang memudahkan dan lebih praktis. Hanya berbicara menyebutkan keyword di speaker maka akan keluar produk yang kita cari.

  1. Video Marketing

Calon konsumen yang pintar biasanya selalu melihat review-review produk yang mereka inginkan sebelum membelinya. Salah satu review yang akan meningkatkan kepercayaan diri terhadap pembelian suatu produk adalah menggunakan video. Hal ini sama pentingnya dengan video marketing.

Jika perusahaan pada bisnis kalian memiliki video yang menarik dan deskriptif tentunya akan menarik pelanggan lebih banyak. Video yang lengkap dengan penjelasan kelebihan dan kualitas suatu produk pastinya membuat calon konsumen yakin dengan produk yang ditawarkan.

Konten video memang menjadi salah satu tren digital marketing yang mudah untuk menarik calon pelanggan. Meskipun dalam pembuatan videonya pun kalian kesulitan menemukan ide-ide kreatif, akan tetapi terdapat Digital Marketing Agency yang akan membantu perusahaan kalian menemukan konten video marketing yang menarik.

Apalagi tahun 2023 ini kalian harus bersaing dengan para kompetitor yang memiliki konten video sederhana tapi menarik. Masyarakat atau netizen tahun 2023 ini hanya butuh mengonsumsi video marketing yang unik, menarik, dan menghibur saja pasti akan mencuri perhatian calon pelanggan konsumen kalian. Dari video marketing tersebut, kalian harus menonjolkan secara halus produk-produk yang ditawarkan.

  1. Social Network

Media sosial menjadi sesuatu yang sangat berkembang pesat di berbagai kalangan. Tren digital marketing yang satu ini juga bisa melihatnya dari tren social network, dimana kalian melihat tren di media sosial untuk menentukan media mana yang sesuai sebagai media pemasaran.

Banyak perusahaan yang mengubah kepentingan social network sebagai salah satu metode awareness. Misalnya, banyak sekali kita temukan saat ini perusahaan yang mengiklankan produknya melalui Instagram dengan menggunakan fitur reels video pendek. Selain itu, TikTok juga tidak kalah drastis peningkatan penggunanya yang akan berdampak pada iklan kalian.

  1. Konten Interaktif

Digital Marketing Agency biasanya juga bisa membantu untuk memberikan ide konten interaktif yang akan menarik perhatian calon konsumennya. Konten-konten yang dibuat oleh Digital Marketing Agency dapat menyesuaikan karakteristik produy yang kalian tawarkan dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness dan brand engagement.

Peluang kalian untuk mendaoatkan keuntungan adalah salah satunya dengan membuat konten yang interaktif kepada para calon pelanggan. Agar kalian dapat bersang dan unggul dari para kompetitor terdapat beberapa jenis konten interaktif untuk media sosial Instagram, antara lain:

  1. Konten Instagram Live
  2. Konten Giveaway
  3. Kuis Instagram
  4. Konten Q&A
  5. Konten Informatif Seputar Produk
  6. Meme atau Konten yang Sedang Tren

Ide konten menarik di atas dapat dijadikan inspirasi agar akun media sosial instagram bisnis atau perusahaan kalian tidak boring atau membosankan. Jika dapat meraih lebih banyak interaksi kepada audiens dengan konten-konten tersebut, maka sudah pasti akan meningkatkan brand awareness dan engagement juga terhadap produk yang ditawarkan. Sekarang buatlah ide konten menarik untuk berinteraksi dengan audiens media sosial kalian!

  1. Viral Marketing

Saat ini media sosial Indonesia hampir dikuasai oleh Gen-Z. Justru audiens yang kebanyakan Gen-Z inilah yang dapat dijadikan target pemasaran viral marketing. Tren marketing tahun 2023 memang banyak cara yang lebih mudah untuk viral. Dari viral tersebut produk yang ditawarkan akan semakin meningkatkan brand awareness dan engagement.

Tahun 2023 yang target audiensnya adalah Gen-Z ini, perusahaan perlu memiliki media sosial seperti Instagram dan TikTok dengan konten-konten beresiko viral. Biasanya nanti Digital Marketing Agency akan memanfaatkan penggunaan hashtag dengan riset terlebih dahulu. Jika konten, hashtag, dan deskripsi sudah mantap bisa saja viral dalam sekejap.

Baca Juga:  Apa Itu Facebook Ads? Rahasia Sukses Bisnis Online

Jika kalian memanfaatkan tren viral marketing dengan baik, maka kalian berkesempatan untuk promosi dan iklan produk yang lebih murah. Misalnya, kalian membuat konten video TikTok yang lagi tren dengan deskripsi yang menonjolkan produk yang kalian miliki, Boam, viral! Ini lah yang dikatakan salah satu strategi pemasaran yang murah.

Trik dari tren viral marketing ini adalah kalian hanya perlu membaca tren media sosial dan merancang video konten sesuai dengan produk yang ditawarkan sebagus mungkin. Dengan begitu kalian bisa merasakan dampak dari tren viral marketing untuk mengembangkan bisnis perusahaan kalian.

Itulah penjelasan tentang sejarah dan tren digital marketing di Indonesia yang dapat kalian terapkan pada perusahaan atau bisnis kalian. Banyak trik digital marketing yang akan membantu mengembangkan perusahaan kalian, bahkan jika kalian memiliki ide unik dan kreatif akan lebih mudah. Semoga informasi sejarah dan tren digital marketing di Indonesia di atas bermanfaat untuk kalian!

Q&A

Digital marketing itu adalah cara promosi produk atau jasa yang dilakukan secara online, misalnya lewat media sosial, iklan di website atau pencarian Google, email marketing, dan lain sebagainya. Jadi, kalau kamu sering melihat iklan di Instagram atau Facebook, itu adalah salah satu contoh dari digital marketing. Bedanya dengan iklan di TV atau koran, digital marketing ini lebih fokus ke orang-orang yang sering pakai internet dan bisa diakses dari berbagai perangkat seperti smartphone atau laptop.

Digital marketing itu pekerjaan yang berhubungan dengan promosi dan pemasaran produk atau jasa melalui internet. Jadi kita pake teknologi dan media sosial buat promosiin barang atau layanan. Kerjanya bisa macem-macem, contohnya bikin konten kreatif buat iklan, bikin strategi pemasaran lewat media sosial, nge-analisis data buat liat gimana performa kampanye iklan, atau bahkan bikin website dan aplikasi buat promosiin produk. Pokoknya, digital marketing tuh nggak membosankan dan selalu berkembang!

Digital marketing adalah cara pemasaran yang menggunakan teknologi digital seperti internet, media sosial, dan aplikasi mobile. Contohnya seperti membuat iklan di Facebook atau Instagram, mempromosikan produk melalui email marketing, atau menggunakan influencer untuk memperkenalkan brand atau produk kepada pengikut mereka. Selain itu, juga dapat menggunakan SEO (search engine optimization) untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari seperti Google. Digital marketing sangat penting karena banyak orang menggunakan internet dan media sosial sebagai sumber informasi dan hiburan, sehingga dapat menjadi saluran yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan.

Gaji seorang digital marketer bisa berbeda-beda tergantung pada pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Namun, untuk level entry atau pemula, gaji digital marketer bisa berkisar antara 3 juta hingga 7 juta rupiah per bulan. Namun, tentunya bisa lebih tinggi lagi jika kamu memiliki keahlian yang lebih spesifik seperti SEO atau social media advertising. Selain gaji pokok, biasanya juga ada tunjangan dan bonus yang bisa menambah penghasilan kamu. Tapi ingat, gaji bukanlah segalanya. Lebih penting lagi untuk mencari pekerjaan yang sesuai minat dan passion kamu agar kamu bisa bekerja dengan senang hati dan merasa terus berkembang.

Artikel Lainnya:

Butuh bantuan untuk memulai?

Kami akan membantu anda menemukan solusi sempurna untuk bisnis Anda.

PT. Satria Berdikari Sejahtera.
Sentra Waringin Residence
Bogor, Jawa Barat, 16320
(021) 87972812

× Diskusi Melalui WA!